TERKAIT UNJUK RASA GALIAN C POLRES SAMOSIR DAN TNI LAKUKAN PENGAMANAN

Admin Samosir
By Admin Samosir November 7, 2016 20:38

img_6208img_6081

img_6105img_6121

Tribratanewsressamosir.com, PANGURURAN –  Senin (07/11) Sekira Pukul. 10.00 Wib telah dilaksanakan aksi unjuk rasa damai oleh sekitar 100 orang yang mengatas namakan  kelompok perwakilan supir dan truk, pick up, pengusaha dan penambang batu dan pasir se Kab. Samosir serta DPC F SPTI-K SPSI Kab. Samosir) ke gedung DPRD Kab. Samosir  yakni sesuai dengan surat tanda terima pemberitahuan Nomor : STTP / 05 / XI / 2016 / Intelkam tanggal  5 November 2016.


Para pengunjuk rasa tersebut menggunakan kendaraan Roda 6 (Truk) sebanyak 28 Unit dan Roda 4 Sebanyak 3 (tiga) unit. Para pengunjuk rasa yang berkumpul di tanah lapang pangururan Kel. Pasar |Pangururan Kec. Pangururan Kab. Samosir begerak dan tiba di gedung DPRD Kab. Samosir sekitar Pukul. 11.00 Wib.

Dalam melakukan aksi tersebut, para pengunjuk rasa membawa poster yang bertuliskan “1) KAMI MASY SAMOSIR BUTUH LAPANGAN KRJA UNTUK DPT BERTAHAN HDP. DMN HATI  NURANIMU WAKIL RAKYAT,  2) DPRD JGN HNYA DUDUK, SEGERA LAKUKAN TINDAKAN  SERTA SOLUSI DAN JAMINAN KAMI SBG RAKYATMU, 3) BEBASKAN TMN KAMI YG DITANGKAP POLRES SAMOSIR, 4) KAMI BAGIAN DARI NKRI, BUTUH KEPASTIAN HUKUM YG MELINDUNGI KAMI, 5) KAMI ADLH MASY YG DILINDUNGI OLEH HAM, 6) CARIKAN SOLUSI UNTUK SEGERA  MEMBUAT PERDA TTNG GALIAN C.

Adapun orasi yang disampaikan oleh ketua SPSI Kab. Samosir paul silalahi dan Sasnaek Naibaho \sebagai korlap menyampaikan beberapa hal “ 1) Bahwa aksi yang dilakukan ini adalah sebagai akumulasi dari penangkapan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terhadap para penambang galian C.  2) Meminta penjelasan kepada Pemkab dan DPRD Kab. Samosir terhadap adanya perusahaan di silimalombu yang telah memiliki ijin dan agar masyarakat juga mendapat perlakuan yang sama dengan perusahaan tersebu”.

Pada sekitar Pukul. 11.30 Wib para perwakilan pengunjuk rasa yang berjumlah 10 (sepuluh) orang diterima oleh ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, DIPL, HOTLIER beserta Wakil Ketua DPRD Drs. Jonner Simbolon dan anggota DPRD Kab. Samosir di ruang rapat komisi 3 DPRD Kab. Samosir. Adapun ke 10 orang perwakilan pengunjuk rasa tersebut adalah 1. Paul m. Silalahi (Ketua SPSI Kab. Samosir), 2. Sasnaek Naibaho (Wakil Sekretaris SPSI Kab. Samosir), 3. Rian simbolon (Penambang Pasir), 4. Parsaoran Simbolon (Penambang Pasir), 5. Anton Sagal (Penambang Batu), 6. Tiori Sitanggang (Penambang Pasir), 7. Lister Sinurat (Penambang Pasir), 8. Pio Simbolon (SPSI Kab. Samosir), 9. Barita Sinambela (Wakil Ketua SPSI), 10. Jamontang Simarmata (Simpatisan).

Dalam pertemuan tersebut turut juga hadir Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, PLT. Sekda kab. Samosir Tombor Simbolon, SH, MM, Kapolres Samosir AKBP Donald P. Simanjuntak, S.IK, Asisten i Setda Kab. Samosir Drs. Mangihut Sinaga, MM, Kadis Koperindag HR. Sitanggang, ST, MM, kadispenka Kab. Samosir Drs. Waston Simbolon, Kepala BLHPP Kab. Samosir Drs. Jabiat Sagala, M.HUM

Perwakilan Pengunjuk rasa menyampaikan pernyataan sikap/aspirasi yang dibacakan oleh ketua SPSI Kab. Samosir Paul Manaor Silalahi. Adapun pernyataan sikap (aspirasi) tersebut adalah  “1) meminta kepada Bupati dan ketua DPRD Kab. Samosir untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum atas persoalan yang dihadapi dalam menjalankan pekerjaan karna mreupakan HAM, 2) Dlam rangka memaksimalkan resapan anggaran APBD di tengah masyarakat melalui ekonomi kerakyatan, berwibawa, memiliki payung hukum tentang batasan  atau Zona lokasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pasir dan batu padas dalam proses pembangunan infrastuktur kab. Samosir sebab dengan regulasi  saat ini dampak dan manfaat APBD Kab. Samosir lebih dirasakan oleh pengusaha Dairi dan Humbahas, 3) Meminta kepada aparat penegak hukum untuk menegakkan hukum seadil-adilnya di tengah masyarakat. Kalau tindakan yang dilakukan para penambang adalah tindak kejahatan, maka pada Kab. Samosir yang bersumber dari galian C juga merupakan hasil dari tindak kejahatan, maka dapat diproses sesuai dengan  hukum yang berlaku.

Menanggapi aspirasi dari perwakilan pengunjuk rasa tersebut Wakil Bupati Samosir Ir. Juang  Sinaga menyampaikan  “bahwa Pemkab Samosir mendukung segala kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan hidup. Namun jika dlm penambangan galian C, Pemkab Samosir  tidak ingin melanggar UU yang ada. Selain itu ia juga menyampaikan kepada masyarakat untuk mengikuti aturan yang ada dan Pemkab Samosir bersedia untuk menfasilitasi hal tersebut”.

Ketua DPRD Kab. Samosir Rismawaty Simarmata, DIPL. HOTLIER menyampaikan bahwa “akan membahas permasalahan terkait galian C ini dengan segera bersama semua FKPD Kab. Samosir dan akan menyampaikan hasilnya kepada para perwakilan pengunjuk rasa dalam waktu yang masih belum bisa ditentukan”.

Kapolres samosir Juga menyampaikan arahannya kepada perwakilan pengunjuk rasa dengan beberapa hal  “1) mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada para pengunjuk rasa yang telah menyampaikan aspirasi dengan tertib, aman dan lancar, 2) Polres Samosir Pro terhadap kepentingan masyarakat Samosir, 3) menyarankan kepada pimpinan rapat agar kiranya dapat menampung seluruh aspirasi dari masyarakat untuk kiranya dapat dibahas dan dikaji bersama FKPD Kab. Samosir, 4) Polres Samosir tidak tebang pilih dalam melakukan tindakan hukum bagi setiap orang yang melakukan pelanggaran, 5) Polres Samosir harus bijak dan arif dalam mengambil setiap tindakan dalam penanganan kasus galian C karena dihadapkan pada kepentingan rakyat biasa dan juga adanya pemerhati lingkungan.

Dan pada sekitar Pukul. 14.00 Wib pertemuan antara perwakilan pengunjuk rasa dengan Pemkab dan DPRD Kab. Samosir selesai dengan kesimpulan bahwa aspirasi yang disampaikan oleh para perwakilan tersebut masih akan dibahas dan dikaji oleh FKPD sehingga tidak ada UU ataupun aturan yang dilanggar. Batas waktu untuk pengkajian / pembahasan tersebut masih belum dapat ditentukan dan hasilnya akan disampaikan kepada para perwakilan pengunjuk rasa.

Selama berlangsungnya unjuk rasa tersebut situasi masih tetap aman terkendali dengan pengamanan dan pengawalan dari Personil Polres Samosir dan jajaran serta TNI yang dipimpin langsung oleh Kapolres Samosir AKBP Donald P. Simanjuntak, S.iK.

Admin Samosir
By Admin Samosir November 7, 2016 20:38
September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Link Terkait

webpolri pemprovsu

MAKO POLRES SAMOSIR